7 Tips Mudah Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

cara mengatur keuangan rumah tangga

Mengatur keuangan pribadi terkadang terasa sulit bagi sebagian orang, apalagi mengatur keuangan rumah tangga. Padahal, mengatur keuangan rumah tangga bisa menjadi mudah jika Anda mengetahui tips dan triknya, lho! Memiliki pemahaman tentang cara mengatur keuangan rumah tangga merupakan hal penting sebab dapat meminimalisir berbagai bencana financial seperti kehabisan uang sebelum gajian, banyak cicilan, atau hutang yang serasa tak kunjung lunas. Berikut ini terdapat 7 tips mudah cara mengatur keuangan rumah tangga. Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

  • Lakukan pengecekan finansial

Pengecekan finansial dapat dilakukan secara mandiri. Hitung secara detail total aset dan total utang jika ada. Nantinya Anda akan dihadapkan pada kenyataan tentang kondisi keuangan rumah tangga. Apabila kondisi keuangan rumah tangga aman, maka Anda tidak perlu khawatir. Anda hanya perlu menerapkan cara mengatur keuangan rumah tangga yang cocok saja. Akan tetapi, apabila finansial tidak aman seperti utang jauh lebih banyak 3 kali lipat dibandingkan aset yang dimiliki, maka Anda perlu strategi khusus untuk menyelesaikan hal tersebut.

  • Menyiapkan dana darurat

Cara mengatur keuangan rumah tangga yang cukup penting adalah menyiapkan dana darurat. Besarnya dana darurat dapat berbeda tergantung kebutuhan rumah tangga. Normalnya, besar dana darurat sebanyak 6 atau 12 dikalikan total nominal kebutuhan dalam satu bulan dikalikan jumlah anggota keluarga.

  • Membuat budgeting kebutuhan

Cara mengatur keuangan rumah tangga selanjutnya yaitu membuat budgeting atau perencanaan kebutuhan. Hal ini bertujuan untuk mencegah pengeluaran yang tidak perlu dan mendadak hanya karena keinginan saja, bukan kebutuhan.

  • Mencatat detail pengeluaran

Cara mengatur keuangan rumah tangga yang keempat seringkali diabaikan. Padahal mencatat detail pengeluaran merupakan hal penting sehingga Anda bisa melacak uang yang dikeluarkan selama sebulan dengan mudah. Pencatatan juga tidak harus dilakukan di buku secara manual. Kini telah banyak aplikasi khusus untuk mencatat pengeluaran bulanan dan bisa digunakan pada gawai Anda.

  • Memisahkan tabungan

Tabungan tetap diperlukan meski sudah memiliki dana darurat. Tabungan juga sebaiknya dipisan menjadi jangka pendek dan panjang. Secara fungsi, tabungan berbeda dengan dana darurat. Tabungan digunakan untuk perencanaan tertentu seperti membeli barang atau liburan. Selain itu, Anda perlu menyiapkan tabungan khusus pendidikan untuk anak. Asuransi juga penting terutama asuransi kesehatan dan asuransi jiwa.

  • Hindari berutang

Salah satu hal yang membuat kacau keuangan rumah tangga adalah utang terutama yang bersifat konsumtif. Utang konsumtif adalah pinjaman dana yang digunakan untuk membeli berbagai kebutuhan yang mungkin sekunder atau tersier. Utang konsumtif bisa menjadi beban panjang pada keuangan rumah tangga sehingga perlu untuk dihindari.

  • Investasi

Tips terakhir adalah melakukan investasi. Dengan berinvestasi maka Anda akan mendapatkan pemasukan secara pasif selain pemasukan bulanan. Akan tetapi, investasi sebaiknya dilakukan jika Anda sudah tidak punya hutang. Anda juga perlu memiliki tabungan dan dana darurat terlebih dulu sebelum melakukan investasi sehingga jika terjadi kerugian maka ada uang cadangan.

Selain bisa menerapkan berbagai tips di atas, Anda juga tetap memerlukan kerja sama dengan patner Anda. Perlu komunikasi dua arah antar suami dan istri tentang keuangan rumah tangga sehingga pengetahuan finansial bisa dikuasai oleh kedua belah pihak. Hal tersebut akan menguntungkan di masa depan sebab keduanya sama-sama memahami betul tentang cara mengatur keuangan rumah tangga, meski dalam porsi yang berbeda. Selain itu, jangan pernah berhenti belajar sebab selalu bermunculan tips-tips baru tentang cara mengatur keuangan rumah tangga yang bisa dipraktekan dan bermanfaat.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>