Apa Arti Warna Bibir Anda Menurut Kesehatan?

Setiap orang memiliki warna bibir yang khas. Biasanya, warna bibir ini merupakan bawaan lahir seseorang, menyesuaikan dengan warna kulitnya secara umum. Akan tetapi, dipengaruhi oleh gaya hidup, warna bibir dapat berubah.

Ada banyak faktor yang membuat warna bibir seseorang berubah. Penyebab perubahan warna bibir yang instan, konsumsi makanan atau minuman tertentu misalnya. Selain itu, dalam jangka panjang, paparan sinar matahari, kekurangan nutrien tertentu, atau penyakit juga dapat mengubah warna bibir.

Oleh sebab itu, sisi medis memiliki pandangan tersendiri terkait arti warna bibir.

Arti warna bibir dari sisi kesehatan

Saat terjadi perubahan psikologis atau mengonsumsi obat-obatan tertentu, warna bibir dapat berubah. Arti warna bibir yang berubah tersebut tidak selalu berbahaya. Tapi, tidak jarang juga perubahan tersebut mengindikasikan masalah medis yang serius.

Di bawah ini, arti warna bibir yang perlu menjadi perhatian Anda.

1. Biru

Munculnya warna biru di bibir dapat menandakan bahwa orang tersebut kekurangan oksigen atau sianosis. Pada kondisi ini, biasanya tak hanya bibir yang membiru, ujung jari tangan dan kaki juga akan berubah menjadi kebiruan.

Karena arti warna bibir yang biru adalah kurangnya distribusi oksigen di dalam tubuh, maka kerja jantung dan paru-paru juga akan terganggu bersama dengan munculnya warna bibir yang biru.

Kondisi ini dapat terjadi akibat tersedak, serangan jantung, syok, adanya sumbatan di saluran pernapasan, keracunan darah, dan lain-lain. Jika ada orang di sekitar Anda yang mengalami hal ini, segera hubungi unit gawat darurat di rumah sakit terdekat.

2. Hitam

Warna hitam yang muncul pada bibir biasanya dipengaruhi oleh gaya hidup, seperti kebiasaan merokok. Kadang bibir menghitam karena cedera yang menimbulkan luka, pecah-pecah, sampai rusak.

Pada kondisi lain, arti warna bibir yang hitam dapat juga tanda penyakit penyakit Addison. Suatu penyakit yang muncul ketika kelenjar adrenal tidak memproduksi cukup hormon kortisol dan aldosteron.

3. Putih

Warna bibir Anda dapat berubah menjadi putih pucat bila mengalami anemia. Kadang, bukan hanya bibir yang pucat, melainkan seluruh wajah, hingga dinding mata, mulut, dan kuku.

Arti warna bibir putih juga dapat berupa tanda adanya infeksi jamur mulut atau oral candidiasis yang berlebihan. Biasanya, jamur ini tumbuh di lidah dan pipi bagian dalam. Akan tetapi, tidak tertutup kemungkinan jamur tumbuh di bibir, gusi, dan langit-langit mulut.

Di samping kedua kondisi medis di atas, tekanan darah rendah, masalah peredaran darah, hingga kekurangan vitamin tertentu dapat menyebabkan warna bibir menjadi putih.

4. Bercak

Tidak hanya berubah warna keseluruhan, bibir juga dapat berubah menjadi memiliki bercak atau spotted. Pemicu kondisi ini sangat beragam. Di antara aneka penyebab, dua yang tidak membahayakan adalah paparan sinar matahari berlebihan dan konsumsi obat-obatan tertentu.

Mengapa kondisi tersebut tidak berbahaya? Sebab bercak pada bibir dapat hilang dengan sendirinya saat Anda sudah mengurangi paparan sinar matahari atau berhenti mengonsumsi obat pemicu bercak tersebut.

Meski demikian, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter jika mengalami hal ini. Sebab bercak pada bibir juga dapat menjadi tanda adanya penyakit kronis.

Apakah Anda mendapati ada perubahan pada warna bibir? Bila ada perubahan dan Anda tidak yakin arti warna bibir tersebut, maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter, agar Anda dapat segera menerima perawatan jika dibutuhkan.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>