Berbeda dengan Sabun Biasa, Ini Manfaat Sabun Sereh

Pernahkah Anda mencoba untuk menggunakan sabun sereh saat mandi? Selain membersihkan tubuh, ada banyak manfaat sabun sereh lainnya yang mungkin belum Anda sadari.

Sabun dengan kandungan sereh dipercaya memiliki fungsi antijamur, anti-mikroba, dan antibakteri. Hal ini membuat sabun sereh menjadi cukup populer dan diminati oleh banyak orang.

Manfaat sabun sereh untuk kesehatan

Sabun sereh merupakan sejenis sabun herbal yang pembuatannya menggunakan bahan-bahan alami. Untuk menggunakannya, Anda bisa membuat sabun sereh sendiri di rumah.

Berikut ini beberapa manfaat sabun sereh yang akan Anda rasakan setelah pemakaian secara rutin:

  • Sebagai deodoran

Setiap orang pasti memiliki masalah dengan aroma tubuh dan produksi keringat di sekitar ketiak. Jika Anda mandi dengan sabun sereh, sabun ini bisa juga berfungsi sebagai deodoran yang mengatasi masalah-masalah tersebut.

Untuk bisa digunakan sebagai deodoran, Anda perlu membuat sabun sereh dari essential oil yang mengandung sereh dan baking soda. Kemudian, campurkan kedua bahan tersebut. Gunakan sabun saat mandi dan gosokkan di area ketiak.

  • Menjaga kesehatan kulit wajah

Percaya atau tidak, sereh memiliki nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kulit, khususnya kulit wajah. Berbagai masalah kulit bisa diatasi dengan penggunaan sabun sereh, mulai dari masalah jerawat hingga produksi minyak berlebih.

Karena memiliki fungsi antibakteri dan anti-jamur, sabun sereh mampu meredakan dan mencegah kemunculan jerawat. Selain itu, sabun sereh juga bisa bekerja menyerupai toner untuk mengecilkan pori-pori sehingga kulit menjadi lebih elastis dan terhindar dari gejala penuaan.

  • Meningkatkan kesehatan rambut

Manfaat sabun sereh tidak hanya akan Anda rasakan pada kulit, tetapi juga pada rambut. Beberapa sabun sereh dibuat khusus sebagai pengganti shampo. Fungsi antibakteri dari sereh juga dapat dirasakan pada kulit kepala Anda.

Secara khusus, sabun sereh yang dibuat dengan campuran essential oil dan kayu putih dapat membantu dalam mengusir kutu rambut serta mencegah infeksi pada kulit kepala. Sehingga, kesehatan kulit kepala dan rambut Anda dapat tetap terjaga.

  • Mengendalikan stres

Sabun sereh dipercaya efektif bekerja sebagai penghilang stres. Hal ini karena tanaman sereh pada dasarnya memang memiliki efek menenangkan.

Ketika Anda mandi menggunakan sabun sereh, Anda akan merasa lebih rileks. Khususnya, jika sabun sereh dikombinasikan dengan essential oil aroma lavender. Aroma menenangkan dari sabun sereh akan memberikan sensasi mandi seperti di tempat spa.

  • Mencegah gigitan serangga

Pernahkah Anda terkena gigitan serangga meski sudah mandi dengan menggunakan sabun sebersih mungkin? Jika Anda mandi dengan sabun sereh, masalah seperti ini dapat dihindari.

Di dalam sabun sereh, terdapat kandungan kimia yang disebut sitronelal. Kandungan ini memiliki efek untuk mencegah kulit Anda terkena gigitan serangga. Meski begitu, sabun ini tidak bisa membantu Anda dalam menghindari gigitan nyamuk.

  • Sebagai hand sanitizer

Banyak orang membutuhkan hand sanitizer untuk memastikan tangan tetap bersih dan terhindari dari virus atau kuman. Anda bisa juga menggunakan sabun sereh sebagai pengganti hand sanitizer.

Salah satu manfaat sabun sereh adalah membunuh bakteri melalui fungsi antibakteri dan anti-jamur. Anda bisa membawa sabun sereh dan menggosokkannya ke tangan untuk menggantikan hand sanitizer.

Itulah beberapa manfaat sabun sereh bagi kesehatan Anda. Jika Anda tertarik untuk mulai menggunakan sabun sereh, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan essential oil berbahan sereh sebagai komposisi utama.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>