Cara Mengatasi Bisul dengan Obat Bisul Alami

Bisul merupakan benjolan pada kulit yang terasa sakit dan berisi nanah. Benjolan ini bisa muncul dikarenakan adanya infeksi bakter yang memicu peradangan pada folikel rambut. Walaupun tidak berbahaya dan bisa sembut sendiri, namun benjolan yang bernanag ini tetap harus Anda waspada.

Biasanya bisul yang berukuran kecil dapat sembuh sendiri tanpa penangan medis. Jika kondisi bisul tidak terlalu parah atau serius, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan obat bisul alami. Ada berberapa cara alami yang bisa dilakukan di rumah untuk mengatasi bisul.

  1. Dikompres dengan air hangat

Cara paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bisul adalah dengan menempelkan kompres yang hangat. Suhu hangat akan meningkatkan tekanan di pori-pori yang terinfeksi. Dengan melakukan cara ini, nanah dan darah yang terdapat pada bisul akan tertarik ke permukaan kulit.

Untuk mengompres bisul, gunakan handuk bersih yang telah direndam dalam air hangat. Tempelkan handuk di atas permukaan bisul selama 10 hingga 15 menit. Ulangi cara ini sebanyak 3-4 kali dalam sehari, atau sampai bisul pecah sendiri.

  • Garam Epsom

Garam epsom juga bisa menjadi obat bisul yang alami dan cara menggunakannya sangat mudah. Anda cukup larutkan garam Epsom dengan air hangat, lalu rendam handuk bersih di dalamnya. Kemudian, tempel handuk bersih pada bisul selama kurang lebih 20 menit.

Lakukan kompres garam Epsom tersebut setidaknya tiga kali dalam sehari sampai bisul pecah. Kandungan yang terdapat pada garam Epsom dapat membantu mengeringkan nanah, dengan demikian bisul akan cepat mengering.

  • Tea tree oil

Obat bisul selanjutnya adalah tea tree oil. Sifat antibakteri dan antiseptik yang terkandung dalam tea tree oil dipercaya bisa membantu dalam menangani infeksi bakteri penyebab bisul. Cara menggunakannya, campurkan lima tetes tea tree oil dengan satu sendok teh minyak kelapa atau minyak zaitun.

Teteskan campuran ini ke kapas dan oleskan ke bisul hingga merata. Anda bisa melakukan cara ini sebanyak 2-3 kali per hari, terus lakukan sampai bisa sembuh. Supaya tidak terasa perih saat diaplikasikan, Anda harus mencampur tea tree oil dengan minyak kelapa atau minyak zaitun.

  • Bubuk kunyit

Bubuk kunyit memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang bisa membantu menghilangkan dan menyembuhkan bisul dengan cepat. Ada dua cara untuk menggunakan bubuk kunyik sebagai obat bisul.

Pertama untuk dikonsumsi, rebus satu sendok teh bubuk ke dalam air kemudian diminum tiga kali sehari. Sedangkan untuk dioleskan, campur bubuk kunyit dengan air atau jahe sehingga bertekstur seperti pasta dan oleskan dua kali sehari.

Walaupun bisul tidak membahayakan, Anda tetap tidak boleh membiarkannya begitu saja. Perhatikan kondisi bisul agar Anda bisa mendeteksi perubahan yang mencurigakan. Jika bisul belum sembuh juga dalam dua minggu, makin besar dan terasa sakit, segeralah periksa ke dokter.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>