Fakta Mengenai Trypophobia

Pernahkah Anda merasakan kulit Anda merinding saat melihat sarang madu atau bunga lotus? Jika demikian, Anda mungkin memiliki kondisi aneh yang disebut trypophobia: rasa takut akan sekelompok lubang kecil, benjolan, atau pola lainnya.

Kondisi ini menghasilkan perasaan jijik dan juga dapat menyebabkan Anda ketakutan, kecemasan, gatal-gatal pada kulit, dan gejala lainnya. 

Sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa orang-orang yang merasa sangat cemas melihat gelembung pada kopi mereka menderita fobia aneh yang dikenal sebagai Trypophobia. Hal tersebut memiliki eksistensi yang kuat pada orang-orang di seluruh dunia dan banyak orang takut pada hal-hal berbentuk bulat, seperti lepuhan. Hal ini terjadi karena sebagian besar penyakit menular diketahui disebabkan oleh bakteri atau virus bulat. Dan gejala-gejala penyakit ini muncul di berbagai penyakit seperti cacar air, campak, kurap dan dalam bentuk lepuh bulat. Hal ini membuat benda-benda bulat dan bernoda tampak menyeramkan bagi manusia secara umum.  

Berikut beberapa fakta tentang Trypophobia yang perlu Anda ketahui:

  1. Beberapa dokter dan spesialis masih percaya bahwa tidak ada rasa takut akan lubang. Meskipun, banyak orang di seluruh dunia mengklaim bahwa mereka menderita trypophobia.
  2. Orang yang menderita fobia ini cenderung merasa mual saat melihat lubang atau lepuhan berkerumun. Banyak orang yang telah mendiagnosis diri mereka sendiri dengan trypophobia dan membuat halaman dan kelompok terpisah untuk mendiskusikan gejala-gejala yang mereka miliki dengan orang yang sama.
  3. Gejala trypophobia termasuk ketidaknyamanan yang kuat dan gatal saat melihat sesuatu dengan sekelompok lubang atau lepuh. Polong biji teratai, spons, sarang lebah, dapat memicu gejala pada Anda yang menderita fobia ini.
  4. Tidak ada tes diagnostik untuk mendeteksi trypophobia. Anda dapat mendiagnosis fobia ini hanya dengan menganalisis reaksi Anda ketika melihat gambar atau bentuk dengan banyak lubang seperti lepuhan.
  5. Penderita trypophobia dapat menjalani hidup normal seperti halnya orang lain.  Namun, mereka tidak dapat melakukan kontak dengan apa pun yang memiliki banyak lubang di dalamnya. Bahkan melihat gambar seperti itu dapat membuat Anda yang memiliki trypophobia mengalami serangan panik.  
  6. Menurut penelitian, trypophobia bisa menjadi versi berlebihan dari respons alami Anda terhadap tanda atau isyarat parasit atau penyakit yang ingin Anda hindari.

Apabila Anda berharap untuk mengetahui apakah Anda menderita trypophobia, ada banyak gambar, artikel, dan video yang didedikasikan untuk subjek fobia ini. Bahkan Anda juga dapat melakukan tes yang mengukur apakah Anda memiliki trypophobia atau tidak.

Untuk saat ini tidak ada obat resmi, yang direkomendasikan atau perawatan untuk trypophobia. Oleh karena itu, untuk mengatasi trypophobia, masih digunakan media standard yang bekerja untuk fobia standar, seperti terapi paparan dan terapi perilaku kognitif.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>