Kenali Penyebab Mulut Terasa Asam, Bisa Jadi Gejala Penyakit

Pernah mengalami mulut terasa asam? Bisa jadi karena reaksi pada sesuatu yang Anda konsumsi, atau bisa pula menjadi indikasi Anda mengalami kondisi medis tertentu.

mulut terasa asam

Kondisi ini bisa terjadi kapan saja sehari-hari. Misalnya setelah batuk, setelah makan, atau karena penyebab lainyya.

Dalam dunia medis, adanya gangguan indera pengecap seperti mulut terasa asam, asin, atau pahit disebut juga dysgeusia. Meski sebenarnya kondisi ini bisa hilang dengan sendirinya. Akan tetapi pada beberapa kasus memerlukan perawatan medis.

Penyebab Mulut Terasa Asam

Penyebab mulut terasa asam ini beragam. Bisa akibat makanan, efek samping obat, atau gejala medis lain. Berikut beberapa penyebab sensasi mulut terasa asam, di antaranya adalah:

  1. Efek Samping Obat

Ternyata, sensasi mulut terasa asam bisa jadi disebabkan oleh adanya efek samping obat. Obat yang dapat menimbulkan rasa asam adalah:

  • Antiseptik
  • Obat penyakit jantung dan hipertensi
  • Obat untuk penyakit saraf
  • Kemoterapi
  • Obat asma
  • Antidepresan
  • Antihistamin
  • Obat untuk mengatasi infeksi, antivirus, antijamur, dan antibiotik

Sensasi rasa asam ini muncul karena dampak obat terhadap reseptor rasa yang ada di otak. Atau bisa jadi karena sisa obat di air liur.

  • Rasa Asam Karena Mengkonsumsi Makanan Tertentu

Sensasi rasa asam di mulut bisa disebabkan karena makanan yang asam. Seperti kedondong, lemon, kiwi, dan makanan asam lainnya yang menempel di mulut. Selain karena makanan yang memang memiliki rasa asam, bisa juga disebabkan karena makanan yang mengandung protein tinggi seperti susu, telur, yogurt, dan sejenisnya yang membuat mulut menjadi terasa asam.

  • GERD

Penyakit GERD atau refluks gastrointestinal merupakan gangguan yang terjadi akibat katup pada bawah kerongkongan terbuka sehingga menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan. Mulut bisa menjadi asam karena penyakit ini. Selain mulut, penderita GERD juga dapat merasa gejala seperti nyeri dada, sulit menelan, suara serak, batuk, adanya sensasi terbakar di tenggorokan, bau mulut, serta heartburn.

  • Merokok

Mulut terasa asam bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok. Kebiasaan ini membuat indera perasa menjadi tumpul dan membuat mulut terasa asam dan meninggalkan rasa tidak enak.

  • Infeksi

Rasa asam yang terasa di mulut bisa mengindikasikan adanya infeksi. Misalnya infeksi telinga, tenggorokan, sinusitis, serta flu. Kondisi-kondisi ini membuat indera perasa Anda menjadi asam dan akan hilang seiring dengan membaiknya kondisi tubuh.

  • Mengalami Dehidrasi

Mulut yang terasa asam juga disebabkan karena dehidrasi. Mulut akan kering dan memengaruhi indera perasa jika tidak cukup banyak mendapat cairan. Oleh karena itu, penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum setidaknya 8 gelas sehari agar tidak dehidrasi.

  • Pertambahan Usia

Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, juga dapat memengaruhi rasa asam pada mulut. Bahkan indera perasa juga terpengaruh dengan menjadi tidak sensitif terhadap rasa tertentu lagi akibat penuaan.

  • Mulut Tidak Bersih

Mulut yang tidak terjaga kebersihannya bisa menjadi penyebab mulut terasa asam. Mungkin saja gigi atau lidah tidak dibersihkan dengan baik sehingga membuat kuman-kuman menempel dan menyebabkan penyakit mulut dan gigi.

  • Faktor Kehamilan

Saat masa kehamilan, ibu hamil biasanya merasakan berbagai perubahan, termasuk rasa asam pada mulut.

Untuk mengurangi mulut terasa asam ini, Anda bisa menghindarinya dengan minum banyak air putih, menjaga kebersihan mulut dan didi dengan benar, hindari makan makanan berlemak dan pedas, mengunyah permen karet yang mengandung bebas gula, berkumur dengan larutan soda kue, berhenti merokok, dan tidak menunda waktu makan agar asam lambung tidak naik. Sebenarnya mulut terasa asam ini tidak perlu dikhawatirkan jika hilang dengan sendirinya. Namun bila diiringi dengan gejala lain, itu patut Anda konsultasikan dengan dokter.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>