Manfaat Senyum, Alasan Tepat Untuk Dilakukan Setiap Hari

Sudahkah Anda senyum hari ini? Banyak yang mengatakan bahwa manusia butuh lebih banyak otot untuk berkerut daripada tersenyum. Ternyata ada manfaat senyum dalam kehidupan nyata.

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak tersenyum rata-rata 400 kali per hari, dibandingkan dengan rata-rata orang dewasa yang hanya tersenyum 40-50 kali per hari dan orang dewasa yang hanya tersenyum 20 kali per hari.

Mengapa senyum itu penting? Penelitian menunjukkan bahwa tindakan manfaat senyum dapat meningkatkan suasana hati dan suasana hati orang-orang di sekitar Anda.

Hubungan yang kuat telah ditemukan antara kesehatan yang baik, umur panjang, dan senyuman. Yang paling penting, penelitian telah menunjukkan bahwa hanya dengan senyum, baik dari kegembiraan atau tindakan yang sebenarnya, dapat memiliki manfaat jangka pendek dan jangka panjang bagi kesehatan dan kesejahteraan Anda.

Selain manfaat senyum, berikut adalah beberapa alasan utama Anda harus senyum setiap hari:

  • Senyum membuat Anda menarik 

Secara alami, manusia tertarik pada orang yang tersenyum. Ada faktor ketertarikan fisik yang nyata terkait dengan tindakan tersenyum.

  • Senyum dapat meredakan stres

Stres bisa meresap ke dalam diri Anda, dan bisa benar-benar muncul di wajah Anda.   Senyum ternyata dapat mengurangi stres, karena saat Anda tersenyum, otak Anda melepaskan molekul kecil yang disebut neuropeptida untuk membantu melawan stres. Kemudian neurotransmiter lain seperti dopamin, serotonin, dan endorfin juga ikut berperan. Endorfin bertindak sebagai pereda nyeri ringan, sedangkan serotonin adalah antidepresan.

  • Senyum meningkatkan sistem kekebalan tubuh 

Senyum juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Tindakan tersenyum sebenarnya membantu sistem kekebalan manusia berfungsi lebih efektif. Saat Anda tersenyum, fungsi kekebalan diperkirakan meningkat karena Anda lebih rileks.

  • Senyum membuat Anda terlihat lebih muda

Senyum tidak hanya membuat Anda lebih menarik, tetapi juga membuat Anda terlihat lebih muda. Otot yang Anda gunakan untuk tersenyum juga mengangkat wajah, membuat Anda tampak lebih muda. Selain memiliki manfaat untuk membuat Anda terlihat lebih muda, senyum juga membuat Anda merasa lebih baik.

Bahkan ketika senyuman terasa tidak wajar atau dipaksakan, tindakan tersebut masih mengirimkan pesan ke otak dan pada akhirnya ke seluruh tubuh Anda. Selain memiliki manfaat kesehatan, senyum dapat menjauhkan Anda dari depresi, stres, dan kekhawatiran.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>