Penyebab Suhu Tubuh Meningkat, Cari Cara Menurunkan Panas

Suhu tubuh mengukur kemampuan tubuh untuk menghasilkan panas serta menyingkirkan panas. Suhu normal tubuh manusia adalah sekitar 37 derajat Celsius. Biasanya, hypothalamus dan sistem saraf otomatis akan menjaga suhu tubuh dalam batas yang normal. Namun, sering suhu tubuh meningkat.  Kondisi ini disebut dengan istilah stres panas. Stres panas dapat disebabkan oleh suhu udara yang ekstrim, makanan tertentu, dan faktor-faktor lain. Apabila Anda mengalami stres panas, carilah cara menurunkan panas. Artikel ini akan membahas hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan rasa panas.

Sebelum Anda mencari cara menurunkan panas, penting untuk tahu apa saja penyebab panas tubuh agar Anda bisa menghindarinya di kemudian hari. Pada dasarnya, penyebab suhu tubuh berubah menjadi tinggi dikarenakan oleh faktor internal dan eksternal. Beberapa penyebab tersebut di antaranya adalah:

  • Lingkungan yang panas

Menghabiskan waktu di luar ruangan pada kondisi suhu cuaca yang panas dapat meningkatkan suhu tubuh seseorang. Selain itu, berada di dalam ruangan yang panas dalam waktu yang cukup lama juga dapat memberikan hasil yang serupa. Memakai pakaian berlapis-lapis juga dapat menyebabkan peningkatan suhu tubuh.

  • Mendapatkan paparan langsung sinar matahari atau sumber panas

Menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari dan meningkatkan suhu tubuh dan bahkan menyebabkan pitam panas atau dikenal dengan “heatstroke”. Anak-anak dan orang dewasa khususnya memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena pitam panas. Dehidrasi akibat menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari juga dapat meningkatkan suhu tubuh. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk minum banyak air dan beristirahat di tempat teduh jauh dari paparan sinar atau panas matahari langsung.

Dokter mengkategorikan paparan berlebih terhadap panas dalam 3 level, kram panas, kelelahan panas, dan pitam panas. Kram panas, meskipun sangat mengganggu, tidak membutuhkan perhatian medis dan akan hilang dengan sendirinya dengan beristirahat serta banyak minum air. Gejala dari kram panas contohnya adalah suhu tubuh yang tinggi, kepala pusing, dan rasa sakit pada otot atau kaku.

Sementara itu, kelelahan panas membutuhkan perawatan medis apabila gejala muncul dalam waktu yang lama (lebih dari satu jam) dan berubah semakin buruk seiring dengan berjalannya waktu. Gejala yang timbul sama dengan gejala pada kondisi kram panas, namun dengan tambahan muntah, sakit kepala, serta berkurangnya konsentrasi.

Di sisi lain, pitam panas merupakan sebuah kondisi yang sangat serius dan dapat menyebabkan kematian. Apabila terjadi, cari bantuan medis untuk dibawa ke rumah sakit dan cara menurunkan panas secepatnya. Gejala yang timbul (selain gejala yang sama muncul saat kram panas) adalah kejang, kesulitan menjaga kesadaran hingga kegagalan ginjal.

  • Olahraga atau bergerak/beraktivitas lebih dibanding biasanya

Saat seseorang bergerak, makai a menciptakan energi. Panas merupakan cara tubuh dalam melepaskan energi. Sebagai cara menurunkan panas, mereka yang berolahraga dapat bergerak dengan lebih sedikit untuk sementara atau hanya bergerak saat diperlukan.

  • Obat-obatan dan hormon

Beberapa jenis obat-obatan dapat meningkatkan suhu tubuh seseorang, baik dengan cara mempengaruhi produksi panas atau pelepasan panas.

Apabila suhu tubuh Anda lebih dari 39.4 derajat Celsius, hubungi dokter segera agar mendapatkan cara menurunkan panas. Orang-orang perlu mengunjungi dokter apabila suhu tubuh lebih tinggi dari pada biasanya serta mengalami gejala seperti kesulitan bernapas, tubuh terasa lelah, leher yang kaku, sensitif terhadap cahaya, muntah-muntah, menolak minum, serta munculnya tanda-tanda ruam dan infeksi.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>