Rebus & Minum: Cara Mudah Rasakan Manfaat Daun Jeruk Purut

Jeruk purut merupakan salah satu jenis tanaman dari kelompok Citrus (atau jeruk-jerukan). Sama seperti keluarganya yang lain, tanaman ini kaya akan manfaat karena mengandung banyak nutrisi dan vitamin penting. Pun, tanaman ini hampir dapat dimanfaatkan seluruh bagiannya, meski bagian daun lebih sering tampil. Lantas seberapa hebatnya manfaat daun jeruk purut ini?

Sudah sejak lama daun jeruk purut dimanfaatkan di dalam dapur. Dengan kata lain ia mengemban tugas sebagai penyedap rasa atau bumbu dari sebuah masakan. Aroma khas dan segar daun jeruk purut akan menjadikan makanan lebih lezat dan mengundang selera. Inilah mengapa hampir di sebagian besar masakan yang membutuhkan banyak bumbu, terselip daun jeruk purut di sana.

Namun, belakangan diketahui jika daun jeruk purut memiliki manfaat lain di luar kehebatannya di dunia kuliner. Lebih jauh dari itu, manfaat daun jeruk perut digadang-gadang mampu menjaga kesehatan. Semua bermula karena di dalam daun jeruk purut mengandung banyak antioksidan.

Dan sebagai kita ketahui bersama bahwa antioksidan adalah zat yang berguna melindungi tubuh dari paparan atau efek buruk radikal bebas, pemicu berbagai penyakit baik ringan maupun berat, termasuk kanker dan penyakit jantung.

Sebagai tanaman herbal, tentu daun jeruk purut bisa dijadikan upaya alternatif bagi mereka yang menginkan kesehatan. Selain dikatakan banyak khasiat, bahan ini juga mudah ditemukan, belum lagi cara pemanfaatannya yang mudah. Ini juga belum termasuk dengan harganya yang terjangkau sehingga cukup sesuai bagi kita yang mencari “pengobatan murah”.

Seseorang yang ingin mencari manfaat daun jeruk purut bisa mulai rutin mengonsumsinya. Anda hanya perlu menyiapkan sekitar 20 lembar daun jeruk purut untuk kemudian merajangnya kecil-kecil sebelum merebusnya.

Alangkah lebih baik jika daun yang akan direbus tersebut dicuci terlebih dahulu. Sesuaikan jumlah air untuk merebus dengan takaran “secukupnya”. Proses perebusan dapat dilakukan hingga air mendidih. Setelah itu, Anda bisa menyaring dan memindahkan air rebusan itu ke wadah lain, bisa cangkir atau semacamnya. Anda bisa menambahkan madu atau bahan lainnya untuk menambah rasa dan segeralah minum selagi hangat.

  • Apa Saja Manfaat Daun Jeruk Purut?

Kandungan antioksidan di dalam daun jeruk purut tak kalah jika dibandingkan dengan kandungan di dalam buahnya. Selain itu, di dalam daun jeruk purut juga terkandung vitamin C dan flavanoid yang terbukti berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh atau sistem imun.

Ketika seseorang rutin mengonsumsi rebusan air daun jeruk purut, kandungan anti-inflamasi yang larut bersama rebusan itu akan merangsang sistem pencernaan. Dengan begitu, seseorang bisa terbebas dari beragam masalah di pencernaan, mulai dari sembelit hingga mual dan mulas.

Daun jeruk purut juga bermanfaat membersikan usus. Sehingga bisa menghindarkan gangguan pencernaan yang lebih parah, seperti tukak lambung, wasir bahkan kanker usus atau colon.

Manfaat daun jeruk purut lain yang tak kalah menakjubkan adalah ia dapat melancarkan aliran darah dan sistem saraf. Daun jeruk purut selama ini dikenal sebagai obat herbal yang baik untuk tonik saraf, mencegah tekanan darah tinggi, dan memperlancar aliran darah.

Selain itu, Anda juga bisa menjadikan rebusan air daun jeruk purut sebagai ramuan tradisional untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan yang populer di Indonesia, seperti influenza serta batuk atau pilek. Anda dapat mencampur rebusan daun jeruk purut dengan bahan herbal lain, macam jahe, sereh, dan lain sebagainya.

Orang Indonesia yang cenderung tertarik dan meyakini ramuan-ramuan tradisional secara turun temurun mungkin bakal jatuh cinta terhadap kenyataan akan manfaat daun jeruk purut ini. Sejak itu, menjadi sehat terasa lebih mudah dan murah. Kita hanya tinggal merebus dan meminum untuk merasakan manfaat daun jeruk purut tersebut. Tapi tetap saja, semua kembali ke masing-masing individu, ya.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>