Serba-Serbi Freckles; Si Bintik Kecoklatan di Kulit Wajah

Pernahkah Anda bertanya-tanya apa sebenarnya bintik kecoklatan di sekitar kulit wajah orang-orang yang berasal dari belahan bumi sebelah barat? Kondisi itulah yang dinamakan frackles.

Freckles adalah bercak cokelat pada kulit yang timbul akibat produksi melanin yang berlebih, sebagai reaksi dari paparan sinar ultraviolet (UV). Misalnya, dari cahaya matahari. Melanin sendiri merupakan zat yang berperan dalam membuat warna pada kulit atau rambut Anda.

Pada umumnya, ukuran freckles sekitar 1-2 mm. Tetapi bercak ini juga dapat berukuran lebih besar. Permukaan freckles biasanya rata dengan kulit dan memiliki tepi yang jelas.

Meski umumnya kondisi ini terjadi pada mereka yang tinggal di “Barat”, tetapi kita yang berada di Timur juga bisa mengalaminya, lho. Semuanya tergantung dengan faktor risiko yang ada.

Nah, ada banyak hal unik yang meliputi freckles ini. Untuk mengetahuinya, simak serba-serbinya di bawah ini:

1. Terbagi dalam 2 Jenis

Freckles adalah kumpulan kluster melanin yang terkonsentrasi pada lapisan epidermis kulit dengan penyebaran yang berkelompok. Pada dasarnya freckles terdiri dari dua jenis yaitu Ephelides dan Lentigo. Jenis Ephelides ini yang sering muncul pada wanita Kaukasian yang kulitnya putih. Orang yang rambutnya merah pun cenderung memiliki jenis freckles Ephelides lebih banyak. Sementara jenis freckles Lentigo adalah bintik yang warnanya lebih gelap dan tidak memudar walau tidak terpapar sinar matahari.

2. Freckles Bukan Bawaan Lahir

Tidak ada bayi yang baru saja lahir telah memiliki freckles. Paparan sinar matahari merupakan penyebab utama dari munculnya freckles, membuat sel-sel di kulit menciptakan lebih banyak pigmen.

3. Bersifat Genetik

Meskipun tidak ada manusia yang lahir dengan freckles, tapi freckles bisa timbul karena faktor genetik yang mengatur warna kulit dan rambut, atau biasa disebut dengan gen MC1R. Umumnya tampilan freckles sudah dapat terlihat pada anak usia 1-2 tahun, khususnya di area wajah, bahu dan lengan. Selain dari itu, faktor paparan sinar matahari yang berlebihan dan dalam jangka waktu panjang, serta penggunaan obat hormonal juga dapat memicu timbulnya freckles.

4. Tidak Semua Orang Berambut Merah Memiliki Freckles

Menurut hasil penelitian, orang-orang berambut merah memiliki lebih sedikit melanin di kulit mereka, tetapi tidak semua dari mereka pasti memiliki freckles. Hal ini dikendalikan oleh gen yang sama, karena mereka yang berambut merah 80% memiliki gen MC1R.

5. Freckles Rentan Terjadi pada Orang Berkulit Putih

Orang berkulit putih memiliki melanin jenis pheomelanin. Jenis ini tak melindungi kulit dari paparan ultraviolet. Oleh karena itu, jika sering terpapar matahari, tubuh akan memproduksi melanin lebih banyak sehingga freckles lebih mudah terjadi.

Sebaliknya, pada orang berkulit gelap atau berambut hitam, kulitnya mengandung melanin jenis eumelanin yang memiliki fungsi melindungi kulit dari radiasi ultraviolet. Karena itu, sekalipun terpapar matahari, freckles lebih jarang dialami oleh orang kulit hitam atau berambut hitam.

6. Indikator Sensitifitas Kulit Terhadap Matahari

Kehadiran freckles juga bisa menjadi indikator dalam mengukur seberapa sensitif kulit Anda terhadap paparan sinar matahari. Jika wajah Anda menampilkan freckles saat berada di bawah sinar matahari, sebaiknya lakukan pencegahan dengan memanfaatkan sunscreen sebagai perlindungan.

7. Freckles Dapat Dicegah

Ada berbagai hal yang bisa dilakukan untuk mencegah frackles, di antaranya adalah penggunan sunscreen sebelum Anda pergi keluar rumah, atau menghindari matahari dari pukul 10 siang hingga 4 sore.

8. Tampilan Freckles Dapat Menyesuaikan Kondisi

Sebenarnya tampilan freckles di wajah dapat berubah secara alami, hal ini terjadi karena kondisi freckles sangat dipengaruhi oleh kondisi cuaca. Bagi mereka yang tinggal di wilayah empat musim, tampilan freckles akan tampak jelas saat memasuki musim panas, sedangkan di musim dingin tampilan freckles dengan sendirinya akan memudar.

9. Tidak Berbahaya

Meskipun freckles terbentuk akibat paparan sinar matahari, sebenarnya bintik cokelat ini tidaklah berbahaya. Freckles hanya bertindak sebagai perlindungan alami untuk kulitmu.

Namun, bila kamu merasa bintik yang muncul pada kulitmu mulai dirasa tak wajar, kamu bisa langsung konsultasikan kepada dokter kulit.

10. Tak Semua Bercak Cokelat di Wajah Merupakan Freckles

Freckles sering dianggap menjadi biang keladi semua bercak cokelat di daerah wajah. Hal ini tidak tepat. Terdapat banyak kondisi yang bisa menyebabkan keluhan tersebut. Selain freckles, melasma dan lentigo juga bisa menjadi penyebabnya. Meski penampakannya hampir sama, penyebab dan pengobatan bercak di wajah itu berbeda.

Jika freckles banyak dipengaruhi oleh sinar matahari, melasma lebih sering disebabkan faktor hormonal, seperti kehamilan dan kontrasepsi. Sementara itu, lentigo berkaitan dengan faktor usia. Kelainan kulit tersebut biasanya terjadi pada usia di atas 40 tahun.

***

Kurang lebih itulah yang dapat kita ketahui tentang freckles. Jika dahulu banyak orang yang berusaha menempuh beragam cara untuk menghilangkan frackles, tren ini berubah. Sebab pada saat ini orang justru berlomba-lomba “menumbuhkan” frackles di wajahnya. Alasannya beragam, mulai dari kesan eksotisme hingga estetika.

Kendati demikian, dengan atau tanpa freckles, usahakan tetap jaga kondisi alamiah kulit wajah Anda. Sebab seperti kita ketahui bersama, kulit wajah merupakan bagian yang sensitif. Alih-alih mempercantik penampilan Anda, jangan sampai “rekayasa” yang Anda lakukan malah berbalik menjadi bahaya.

Tags:  ,

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>