Terapi Sensori Integrasi

Pijatan bisa menjadi salah satu cara terapi sensori integrasi

Terapi sensori integrasi merupakan metode terapi yang dapat membantu anak yang mengalami gangguan sensori integrasi. Sensori integrasi merupakan proses organisasi dan interpretasi yang dilakukan oleh otak ketika menerima sensorik dari bagian luar tubuh manusia. Informasi sensorik bisa meliputi penglihatan, suara, bau, rasa, gerakan, dan sentuhan.

Sensori integrasi berkembang seiring perkembangan aktivitas anak, dan memiliki peran penting dalam proses belajar dan perilaku anak. Namun, pada sebagian kasus, sensori integrasi tidak berkembang dengan baik sehingga dapat menyebabkan gangguan pada proses belajar, perilaku, dan pertumbuhan anak. Gangguan sensori integrasi sering dialami oleh anak yang mengidap autisme atau masalah perkembangan lainnya.

Oleh karena itu, anak-anak yang mengidap gangguan seperti ini perlu melakukan terapi sensori integrasi. Dengan terapi ini, anak akan dihadapkan pada stimulus sensorik yang dilakukan berulang kali. Seiring berjalannya waktu, otak anak bisa beradaptasi dengan memproses dan memberikan respons terhadap stimulus sensorik.

Mengapa Terapi Sensori Integrasi Perlu Dilakukan?

Anak-anak yang mengalami gangguan seperti autisme dapat menyebabkan masalah yang mempengaruhi perkembangan dan perilaku anak. Hal tersebut dapat membuat anak kurang atau terlalu sensitif terhadap stimulus sensorik di sekitarnya. Oleh karena itu, terapi sensori integrasi diperlukan. Terapi sensori integrasi dapat membantu anak mengatasi kesulitan dalam memproses input sensorik.

Jenis-Jenis Terapi Sensori Integrasi

Terapi sensori integrasi dilakukan oleh ahli terapi okupasi. Menurut American Occupational Therapy Association, terapi sensori integrasi dibagi menjadi 5 jenis, antara lain:

  • Intervensi

Jenis ini dilakukan dengan melibatkan aktivitas dan peralatan untuk mengatur fungsi sensorik dan motorik seperti berayun dan memijat.

  • Akomodasi dan adaptasi

Jenis ini dilakukan dengan memberikan perlengkapan untuk membantu anak menyesuaikan diri dengan sekitarnya seperti menggunakan penutup telinga untuk mengurangi stimulus suara.

  • Program diet sensorik

Jenis ini melibatkan strategi sensori individual pada anak dengan pengaturan tertentu.

  • Modifikasi lingkungan

Jenis ini dilakukan dengan memberikan perlengkapan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan seperti dekorasi yang menyenangkan.

  • Edukasi

Edukasi dilakukan untuk memberikan wawasan tentang hal yang perlu diketahui.

Terapi Sensori Integrasi Di Rumah

Beberapa aktivitas dalam terapi sensori integrasi juga dapat dilakukan di rumah dimana ahli terapi dapat mengajarkan dan menyediakan orang tua atau pengasuh informasi yang perlu diterapkan kepada anak supaya anak dapat terus belajar untuk mengembangkan diri.

Di rumah, Anda dapat mencoba membantu perkembangan anak dengan melatih cara-cara sebagai berikut:

  • Kepekaan terhadap penglihatan.
  • Kepekaan terhadap suara.
  • Kepekaan terhadap sentuhan.
  • Kepekaan terhadap cita rasa.

Risiko Terapi Sensori Integrasi

Sama seperti jenis terapi lain, terapi sensori integrasi juga dapat menimbulkan risiko pada anak, namun bergantung pada kondisi anak. Sebagian penelitian mengungkapkan bahwa terapi sensori integrasi merupakan cara yang efektif untuk membantu memperbaiki perkembangan dan perilaku anak.

Di sisi lain, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa terapi sensori integrasi dapat memicu efek negatif berupa peningkatan perilaku menyakiti diri dan gerakan yang dilakukan secara terus menerus (seperti tangan yang terus diayun). Meskipun demikian, para peneliti masih membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait dengan masalah ini.

Kesimpulan

Itulah informasi tentang terapi sensori integrasi yang perlu Anda ketahui. Jika Anda punya anak yang memiliki masalah psikologis, Anda dapat mencoba terapi ini. Namun, ada baiknya jika Anda berkonsultasi dengan terapis apakah terapi tersebut aman untuk dilakukan atau tidak. Pada prinsipnya, terapi ini juga dapat menimbulkan risiko yang perlu diwaspadai.

Terapi sensori integrasi dapat membantu memperbaiki pola hidup anak agar anak dapat menghadapi tantangan atau masalah tanpa mengganggu kondisi psikologis mereka.

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>